Pentingnya Pendidikan Karakter
Pendidikan adalah :
pembelajaran , pengetahuan, ketrampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang
ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran ,
pelatihan atau penelitian
Pendidikan Karakter adalah : kepribadian ditinjau dari titik tolak
etis atau moral,misalnya kejujuran seseorang ,dan biasanya berkaitan dengan
sifat-sifat yang relatif tepat atau cara berpikir dan berperilaku yang menjadi
ciri khas tiap individu untuk hidup dan berkerja sama baik dalam lingkup
keluarga,masyarakat,bangsa,maupun negara.
Melalui Pendidikan dapat membangun karakter generasi muda dalam
menghadapi era globalisasi.karena didalam pendidikan ada proses pembelajaran
yang pada akhirnya diharapkan terjadi transformasi yang dapat
menumbuhkembangkan karakter positif serta mengubah watak dari yang tidak baik
menjadi baik
Membangun karakter bangsa bukan hanya tugas generasi muda,untuk itu
perlu kedisiplinan tinggi bagi seluruh komponen bangsa denga upaya menyiapkan
kondisi,sarana/prasarana,kegiatan,pendidikan,dan kurikulum yang mengarah kepada
pembentukan watak dan budi pekerti generasi muda bangsa.
Membentuk siswa yang berkarakter bukan suatu upaya mudah dan
cepat.hal tersebut memerlukan upaya terus menerus dan refleksi mendalam untuk
membuat rentetan Moral Choice (keputusan moral) yang harus ditindaklanjuti
dengan aksi nyata ,sehingga menjadi hal yang praktis dan reflektif.diperlukan
sejumlah waktu untuk membuat semua itu menjadi custom (kebiasaan) dan membentuk
watak atau tabiat seseorang.
selain itu pencanangan pendidikan karakter tentunya dimaksudkan
untuk menjadi salah satu jawaban terhadap beragam persoalan bangsa yang saat
ini banyak dilihat,didengar dan dirasakan,yang mana banyak persoalan muncul
yang di identifikasi bersumber dari gagalnya pendidikan dalam menyuntikan
nilai-nilai oral terhadap peserta didiknya.hal ini tentunya sangat tepat,
karena tujuan pendidikan bukan hanya melahirkan insan yang cerdas,namun juga
menciptakan insan yang berkarakter kuat.
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk merealasikan pendidikan
karakter di sekolah.konsep karakter tidak cukup dijadikan sebagai suatu poin
dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran disekolah,namun harus lebih
dari itu,dijalankan dan dipraktekan .Dimulai dari belajar dengan tepat,taat
dengan peraturan sekolah ditegakkan secara disiplin.sekolah harus menjadikan
pendidikan karakter sebagai sebuah tatanan niai yang berkembang dengan baik di
sekolah yang diwudjudkan dalam contoh dan seruan nyata yang dipertontonkan oleh
tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah dalam keseharian kegiatan sekolah.
Di sisi lain ,pendidikan karakter merupakan upaya yang harus
melibatkan semua pemangku kepentingan dalam pendidikan,baik pihak
keluarga,sekolah dan lingkungan sekolah dan juga masyarakat luas.oleh karena
itu,langkah awal yang perlu dilakukan adalah membangun kembali kemitraan
danjejaring pendidikan yang kelihatanya mulai terputus diantara ketiga
stakehoders terdekat dalam lingkungan sekolah yaitu guru,keluarga dan
masyarakat.pembentukan dan pendidikan karakter tidak akan berhasil selama
antara sketiga aspek tersebut tidak ada aspek kesinambungan dan keharmonisan
.dengan demikian ,rumah tangga dan keluarga sebagai lingkungan pembentukan dan
pendidikan karakter pertama dan harus lebih diberdayakan yang kemudian didukung
oleh lingkungan dan kondisi pembelajaran di sekolah yang memperkuat siklus
pembentukan tersebut. Di samping itu tidak kalah pentingnya pendidikan di
masyarakat. Lingkungan masyarakat luas juga sangat mempengaruhi terhadap
keberhasilan penanaman nilai-niai etika,estetika untuk pembentukan
karakter.karena situasi kemasyarakatan dengan sistem nilai yang dianutnya
mempengaruhi sikap dan cara pandang masyarakat secara luas dan keseluruhanjika
sistem nilai dan pandangan mereka terbatas pada kini dan disini,maka upaya dan
ambisinya terbatas pada hal yang sama
Pendidikan
karakter untuk remaja perlu dilandasi aspek –aspek pendidikan seperti
Ø Pendidikan budi pekerti / pendidikan akhlak
Adalah dasar dari fundamental bagi semua pendidikan yang lain
.karena pendidikan menyangkut pendidikan moral
Ø Pendidikan kecerdasan
Adalah merupakan tugas pokok dari sekolah disamping tugas – tugas
lainya. Tujuan pendidikan kecerdasan ini adalah mendidik anak agar mampu
berfikir secara kritis,logis,kreatif, dan berfikir secara reflektif
Ø Pendidikan sosial atau kemasyarakatan
Pendidikan ini ber Pendidikan ini berhubungan dengan pergaulan anak
didik dan proses adaptasi lingkungan . pendidikan sosial bertujuan untuk
mendidik anak agar dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan bersama dan dapat
diambil bagian atau berpartisipasi secara aktif
Ø Pendidikan kewarganegaraan
Manusia selain hidup berkelompok kecil yaitu keluarga juga manusia
terkelompok dalam kelompok besar yaitu negara.oleh karena itu.pendidikan dirasa
penting untuk diberikan guna memberi wawasan pada anak didik agar kelak menjadi
warga yang baik dan berguna untuk nusa & bangsa
Ø Pendidikan Jasmani
Pendidikan ini tidak hanya untuk membentuk tubuh yang atletis
,melainkan juga bertujuan untuk membentuk watak
Ø Pendidikan Agama
Agama tidak lain adalah sumber moral.oleh karena itu tujuan
pendidikan agama tidak lain adalah menuntun anak untuk menjadi anak yang
bermoral.manusia yang berbudi luhur,manusia yang bertaqwa kepada tuhan ,manusia
yang meyakini dan menjalankan Ajaran –ajaran Agama
Ø Pendidikan kesejahteraan Keluarga
Tujuan pendidikan ini secara luas adalah untuk mengungkapkan taraf
kehidupan dan penghidupan keluarga untuk terwujudnya keluarga yang sejahtera
menuju kepada terwujudnya masyarakat yang sejahtera
Ke-7 hal tersebut harus ada dalam aspek pendidikan remaja,sehingga
kecerdasan yang berkarakter akan menjadi tujuan akhir pendidikan yang
sebenarnya
Daftar
Pustaka
m.kaskus.coid/post/51a9f2228327cff238000008#post515a9f228327cff238000008
cahkaliboyo.blogspot.co/01/peran-keluarga-dan-pendidikan-karakter.html?m=1m/2013
belajarpsikologi.com
Komentar
Posting Komentar