Pentingnya Pendidikan Karakter



Pentingnya Pendidikan Karakter

 Pendidikan adalah : pembelajaran , pengetahuan, ketrampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran , pelatihan atau penelitian
Pendidikan Karakter adalah : kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral,misalnya kejujuran seseorang ,dan biasanya berkaitan dengan sifat-sifat yang relatif tepat atau cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan berkerja sama baik dalam lingkup keluarga,masyarakat,bangsa,maupun negara.
Melalui Pendidikan dapat membangun karakter generasi muda dalam menghadapi era globalisasi.karena didalam pendidikan ada proses pembelajaran yang pada akhirnya diharapkan terjadi transformasi yang dapat menumbuhkembangkan karakter positif serta mengubah watak dari yang tidak baik menjadi baik
Membangun karakter bangsa bukan hanya tugas generasi muda,untuk itu perlu kedisiplinan tinggi bagi seluruh komponen bangsa denga upaya menyiapkan kondisi,sarana/prasarana,kegiatan,pendidikan,dan kurikulum yang mengarah kepada pembentukan watak dan budi pekerti generasi muda bangsa.
Membentuk siswa yang berkarakter bukan suatu upaya mudah dan cepat.hal tersebut memerlukan upaya terus menerus dan refleksi mendalam untuk membuat rentetan Moral Choice (keputusan moral) yang harus ditindaklanjuti dengan aksi nyata ,sehingga menjadi hal yang praktis dan reflektif.diperlukan sejumlah waktu untuk membuat semua itu menjadi custom (kebiasaan) dan membentuk watak atau tabiat seseorang.
selain itu pencanangan pendidikan karakter tentunya dimaksudkan untuk menjadi salah satu jawaban terhadap beragam persoalan bangsa yang saat ini banyak dilihat,didengar dan dirasakan,yang mana banyak persoalan muncul yang di identifikasi bersumber dari gagalnya pendidikan dalam menyuntikan nilai-nilai oral terhadap peserta didiknya.hal ini tentunya sangat tepat, karena tujuan pendidikan bukan hanya melahirkan insan yang cerdas,namun juga menciptakan insan yang berkarakter kuat.
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk merealasikan pendidikan karakter di sekolah.konsep karakter tidak cukup dijadikan sebagai suatu poin dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran disekolah,namun harus lebih dari itu,dijalankan dan dipraktekan .Dimulai dari belajar dengan tepat,taat dengan peraturan sekolah ditegakkan secara disiplin.sekolah harus menjadikan pendidikan karakter sebagai sebuah tatanan niai yang berkembang dengan baik di sekolah yang diwudjudkan dalam contoh dan seruan nyata yang dipertontonkan oleh tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah dalam keseharian kegiatan sekolah.
Di sisi lain ,pendidikan karakter merupakan upaya yang harus melibatkan semua pemangku kepentingan dalam pendidikan,baik pihak keluarga,sekolah dan lingkungan sekolah dan juga masyarakat luas.oleh karena itu,langkah awal yang perlu dilakukan adalah membangun kembali kemitraan danjejaring pendidikan yang kelihatanya mulai terputus diantara ketiga stakehoders terdekat dalam lingkungan sekolah yaitu guru,keluarga dan masyarakat.pembentukan dan pendidikan karakter tidak akan berhasil selama antara sketiga aspek tersebut tidak ada aspek kesinambungan dan keharmonisan .dengan demikian ,rumah tangga dan keluarga sebagai lingkungan pembentukan dan pendidikan karakter pertama dan harus lebih diberdayakan yang kemudian didukung oleh lingkungan dan kondisi pembelajaran di sekolah yang memperkuat siklus pembentukan tersebut. Di samping itu tidak kalah pentingnya pendidikan di masyarakat. Lingkungan masyarakat luas juga sangat mempengaruhi terhadap keberhasilan penanaman nilai-niai etika,estetika untuk pembentukan karakter.karena situasi kemasyarakatan dengan sistem nilai yang dianutnya mempengaruhi sikap dan cara pandang masyarakat secara luas dan keseluruhanjika sistem nilai dan pandangan mereka terbatas pada kini dan disini,maka upaya dan ambisinya terbatas pada hal yang sama


Pendidikan karakter untuk remaja perlu dilandasi aspek –aspek pendidikan seperti
Ø  Pendidikan budi pekerti / pendidikan akhlak
Adalah dasar dari fundamental bagi semua pendidikan yang lain .karena pendidikan menyangkut pendidikan moral
Ø  Pendidikan kecerdasan
Adalah merupakan tugas pokok dari sekolah disamping tugas – tugas lainya. Tujuan pendidikan kecerdasan ini adalah mendidik anak agar mampu berfikir secara kritis,logis,kreatif, dan berfikir secara reflektif
Ø  Pendidikan sosial atau kemasyarakatan
Pendidikan ini ber Pendidikan ini berhubungan dengan pergaulan anak didik dan proses adaptasi lingkungan . pendidikan sosial bertujuan untuk mendidik anak agar dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan bersama dan dapat diambil bagian atau berpartisipasi secara aktif
Ø  Pendidikan kewarganegaraan
Manusia selain hidup berkelompok kecil yaitu keluarga juga manusia terkelompok dalam kelompok besar yaitu negara.oleh karena itu.pendidikan dirasa penting untuk diberikan guna memberi wawasan pada anak didik agar kelak menjadi warga yang baik dan berguna untuk nusa & bangsa
Ø  Pendidikan Jasmani
Pendidikan ini tidak hanya untuk membentuk tubuh yang atletis ,melainkan juga bertujuan untuk membentuk watak
Ø  Pendidikan Agama
Agama tidak lain adalah sumber moral.oleh karena itu tujuan pendidikan agama tidak lain adalah menuntun anak untuk menjadi anak yang bermoral.manusia yang berbudi luhur,manusia yang bertaqwa kepada tuhan ,manusia yang meyakini dan menjalankan Ajaran –ajaran Agama
Ø  Pendidikan kesejahteraan Keluarga
Tujuan pendidikan ini secara luas adalah untuk mengungkapkan taraf kehidupan dan penghidupan keluarga untuk terwujudnya keluarga yang sejahtera menuju kepada terwujudnya masyarakat yang sejahtera

Ke-7 hal tersebut harus ada dalam aspek pendidikan remaja,sehingga kecerdasan yang berkarakter akan menjadi tujuan akhir pendidikan yang sebenarnya


Daftar Pustaka
m.kaskus.coid/post/51a9f2228327cff238000008#post515a9f228327cff238000008
cahkaliboyo.blogspot.co/01/peran-keluarga-dan-pendidikan-karakter.html?m=1m/2013
belajarpsikologi.com

Komentar